praktik ujian smk

praktik ujian smk
coba-coba lab

Selasa, 31 Oktober 2017

ini masalahnya kenapa mobil seharga 1milyar keatas tidak mau diajak nge-drive

ini masalahnya kenapa mobil seharga 1milyar keatas tidak mau diajak nge-drive
ini jawabanya
susilo sn
Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang Apa itu system ABS. kali ini kita akan membahas tentang apa itu System Electronic Braking Distribution atau yang biasa disingkat dengan EBD.
EBD adalah perkembangan teknologi dari ABS yg lebih menyempurkan rem kendaraan. EBD lazim disertakan dalam sistem rem ABS guna mengoptimalkan pengereman. Fungsi utamanya untuk mengatur cengkeraman rem yang berbeda-beda ke setiap roda tergantung kondisi jalan, kecepatan, beban dan faktor-faktor lainnya. Saat dikombinasikan dengan ABS, EBD mendistribusikan tekanan rem yang tepat pada tiap roda untuk mengembalikan daya cengkeram pada roda yang slip sehingga kendaraan bisa tetap terkontrol lajunya.

Ketika mobil direm, berat yg harus ditanggung ke-4 roda akan berbeda; di jalan lurus, gaya yang ditanggung ban depan akan lebih besar dari ban belakang karena berat mesin di bagian depan mobil. Nah, EBD memungkinkan kekuatan rem di roda depan lebih besar diaplikasikan daripada di roda belakang. Jika tidak ada EBD, ke-4 roda akan mendapatkan tekanan rem yg sama, sehingga ada kemungkinan ban depan belum mengunci, sementara ban belakang sudah terkunci karena beban yang lebih ringan, dan ini bisa mengakibatkan pantat mobil ngesot. EBD akan  menurunkan cengkeraman rem di ban belakang (sehingga tidak terkunci), namun tetap bisa mempertahankan aplikasi rem yang kuat di ban depan.
Apalagi kalau sebelah kiri dan kanan ban sedang melalui permukaan aspal yg berbeda karakter, misalnya ban kiri menapak aspal sedikit berpasir, sedangkan ban kanan menapak aspal mulus. Keadaan ini membuat aplikasi rem di sebelah kanan dan kiri harus disesuaikan, agar friksi ban ke permukaan jalan tetap sama. EBD inilah yg sanggup mengatur.
Kalau tidak ada EBD, dalam kondisi di atas itu, ban kiri yang di atas aspal berpasir akan mengunci duluan daripada ban kanan, yang akhirya membuat mobil kita membuang ke kiri. EBD bisa meminimalisasi ini.
Pertanyaan selanjutnya, apakah sistem ini telah diaplikasikan di Ford Ecosport? Yup, tentu saja sistem ini telah ada di mobil Ecosport kesayangan kita. (NF)
source : dirangkum dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar